Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

TIP JOURNEY TO CHINA

The Shanghai Background

 

 

 

 

 

 

 Latar Belakang Kota Shanghai

TIP TRAVELLING BUAT INDIVIDUAL

CHINA ADVENTURE 10 DAYS  WITH SQ

NOTES : 

TENTANG CHINA ( ZHONG QUO)

NAMA ASLI : ZHONGHUA RENMIN GONGHE GUO

LUAS WILAYAH : 9.600.000 KM2

LAGU KEBANGSAAN : THE MARCH OF THE PEOPLE

WAKTU DI CHINA SAMA DENGAN WIT (WAKTU INDONESIA TENGAH)

MATA UANG NEGARA CHINA : REN MIM BI ( RMB)

1 RMB SEKITAR 1365

DOLLAR                : YUAN , KUAI

YUAN UNTUK BAHASA TULIS, KUAI UNTUK BAHASA LISAN

KETIP ( 10 SEN) : JIAO, MAO (JIAO UNTUK BAHASA TULIS DAN MAO BAHASA LISAN)

SEN ( FEN)

SATU DOLLAR (YIYUAN ATAU YIKUAI)

Hari 1    :

11.40 – 14.15

Jakarta – Singapore : waktu tempuh penerbangan sekitar 90 menit dengan SQ 957

 Perjalanan dengan SQ  tak terasa sudah sampai di Lapangan Internasional Changi, salah satu Bandara Internasional tersibuk di dunia. Transit 150 menit di Bandara memberI  kesempatan kepada rombongan untuk jalan-jalan di Bandara untuk shopping  dan cari makan.  Bandara Changi nampaknya sengaja dirancang sebagai  Bandara Expo Produk  dan Restauran Internasional .Berbagai merek perfumes , tas, computer dan elekronik lain dipamerkan. Juga berbagai cita rasa makan dari melayu, Thai, China dan India tersedia. Tak banyak diceritakan, sama dengan produk di Surabaya atau di Jakarta. Kecuali kualitas air di Wastafelnya sudah kualitas air minum! Di China saja hanya ada beberapa tempat saja kualiatas air di wastafelnya adalah kualitas air minum.

 SINGAPORE – NANJING (SQ 818)     17.00 – 22.10

Perjalanan menggunakan pesawat SQ dengan Jarak tempuh  sekitar  5 jam  terasa sangat melelahkan ( Hen lei), untungnya di dalam pesawat tersedia cukup fasilitas mulai dari pilihan menu berat : nasi (ta mi) atau ikan (yu) plus aqua  , the/kopi/susu/orange serta audio-music dan video di depan kursi yang tersedia dan dilengkapi  ear-phone sehingga tidak terganggu dan mengganggu. Pilihan audi-music lengkap dari India song, Melayu sampai Western. Filmpun tersedia dari animasi sampai action.

NANJING / Nanking

Ibukota Cina tempo doeloe, markas Laksamana Cheng He yang terkenal di dunia.  Cheng He adalah pamlima muslim dari Propinsi Yunnan, bagian barat daya China. Sekitar 600 tahun lalu, pnglima ini membawa 200 kapal laut dan 1 kapal layar induk  dengan 28.000 anggotanya mengaruhi sungai, laut dan samudra di dunia. Berangkat pertama kali  dari Nanjing menuju Propinsi Fujian – Vietnam-Bangka-Palembang-Jakarta-Cirebon-Tegal-Semarang-Tuban-Surabaya-Bali- Cina. Ekspedisi berikutnya sampai ke Afrika Selatan. Anda bisa bayangkan lama ekspedisi ini sekitar  28 tahun dan dilakukan mulai tahun 1405 dengan mengunjungi 30 negara, sehingga Cheng He adalah orang pertama di dunia yang membuat peta perjalanan di laut. Jangan lupa,  Tsai Lun, orang cina pertama di dunia yang menemukan kertas sekitar tahun 105 SM, kertas ( zhi) ini sebagai pengganti lempengan bamboo yang berat dan kaku serta kain sutra yang mahal.

Turun dari pesawat, udara dingin menerjang peserta rombongan, terpaksa sarung tangan dan mantel wool khusus dikeluarkan. Bagi kita orang tropis tidak terbiasa dengan udara sekitar 8 derajat Celcius.

Setelah melalui pemeriksaan imigrasi Nanjing, kami keluar dari Bandara dan sudah dijemput 1 bus mini berkapasitas 20 orang.

Busnya tak begitu besar karena rombongan juga ditambah 1 tour leader dan 1 domestic guide sekitar 20 orang saja. Rombongan bergegas ke Hotel  ZHENBAO HOLIDAY (TREASURE HOLIDAY)  JL. Shi Jiang Dong Zhong Lu 188 Nanjing Telp 86-25-57905111. Hotelnya tidak begitu besar dan tidak  baru lagi  ( Luas : 20.000 M2). Tapi lumayan untuk berteduh dan tidak dingin, tapi tersedia heater. Karena tibanya malam hari, maka tampak hotel sangat sepi sekali, lampu remang-remang. Tak jauh dari hotel ini terdapat Stadion Olimpiade dan The second line of the subway ( Kereta Api)

Kamar Hotel dilengkapi pemanas, the instant , 2 botol aqua, coffe dan alat pemasak air dan sebuah TV Tabung model  lama. Kalau di kota-kota besar seperti Shanghai, Beijing sudah menggunakan TV LCD. Sepanjang hotel dari Nanjing atau mungkin kota-kota kecil lainnya kayaknya siaran TVnya standar yaitu CCTV1 s/d CCTV 12 ditambah siaran TV Lokal.  Barulah di Shanghai dan Beijing kita temui HBO, Starmovies, CNN , TVB8, dll seperti di Indonesia kalau kita berlangganan Indovisian atau Telkom TV.

Harga Hotel ZHEN BAO ( MARET 2010)

DELUXE                : 3999 RMB

SUITE    : 2699 RMB

STD        : 1180 RMB

SINGLE : 1180 RMB

EXTRA   : 120 RMB

HARI KE DUA

NIANJING – HUANGSHAN

Pagi hari, Nanjing sudah diguyur hujan rintik, suhu kota sekitar 7 derajat celcius. Di kota Nanjing ini yang merupakan bekas ibukota lama China terdapat  SUN YAT SEN MEMORIAL suatu patung peringatan akan seorang pahlawan China terkenal yaitu  Dr. SUN YAT SEN. Sun Yat Sen ini memiliki 2 istri, istri pertama  cerai dan kawin dengan seorang wanita China yang berpendidikan Amerika, ketemu di Jepan, makamnya ada di Beijing. Setelah berfoto sebentar perjalanan dilanjutkan ke Jembatan terkenal yaitu YANTZE BRIGDE yang pembangunannya sangat panjang dan melelahkan. Tadinya pembuatan jembatan ini diserahkan ke insinyur Amerika lalu Rusia, akhirnya ditangani sendiri ahli China karena mereka menyerah. Butuh waktu lebih 5 tahun dan ini berhasil berkat dorongan DENG XIO PING, seorang pemimpin China Modern yang membuka pintu masuk bagi orang asing yang mau berinvestasi dengan sewa tanah gratis. Sehingga banyak investor asing baik China, Korea, Jepang ,Taiwan maupun Indonesia menanamkan modal di China. Mereka inilah pelopor Industri modern di China. Sewah tanah gratis sampai 80 tahun dan buruh yang mudah dan murah kunci kebangkitan China saat itu.

Sebelum meninggalkan Nanjing kota tua, kami mampir ke salah satu pelukis kenamaan China , spesialisasi melukis di dalam bola kaca Kristal. Bagi mereka yang berminat bisa pesan nama untuk dituliskan ke dalam bola Kristal tersebut, tekniknya cukup rumit dan memerlukan skills tinggi.

Perjalanan diteruskan ke Huangshan dengan menggunakan bus wisata modern, komplit ada pemanas, TV, Video dn DVD. Perjalanan ini dipandu dengan seorang Guide local perempuan bernama Linda. Linda baru menikah, dan salah satu suku minoritas China, tidak memiliki agama katanya. Bahasa Indonesianya cukup baik, mirip orang Indonesia, mungkin sering bawa turis Indonesia, walau belum pernah ke Indonesia. Sepanjang perjalanan Linda banyak bercerita tentang kehidupan sehari-hari  rakyat China.

Betul kata Dahlan (Direktur PLN), walaupun mereka tidak beragama, bukan berarti mereka anti Tuhan!Bahkan tampaknya mereka bertuhan tapi tidak beragama seperti Linda itu.

Tentang KB, Linda yang yang berasal dari suku minoritas hanya boleh memiliki anak lebih 1. Tapi bagi suku Han hanya satu, baru setelah 4 tahun diijinkan punya anak lagi kalau anak pertama wanita, kalau tidak penduduk China bisa meledak!

Disamping itu syarat punya anak 2, adalah mereka suami-istri yang kebetulan anak tunggal saja! Dengan program KB lama, yakni satu keluarga 1 anak, China mampu menekan jumlah penduduk yang seharusnya 1,7 Milyar “hanya” menjadi 1,3 Milyar! Berkurang 400 juta atau setara 2 x penduduk Indonesia, Luar Biasa! Bagaimana KB Indonesia? Ini salah satu kunci keberhasilan China dalam pembangunannya. Orang tua focus pada pekerjaan dan profesionalisme tidak Cuma mengurus anak! Maka tampak di tempat umum, tidak banyak anak kecil berkeliaran atau anak sekolah pada jam kerja, coba bandingkan di Indonesia?

Masak Indonesia yang agamis kalah sama dengan Negara komunis? Merdeka lebih dulu, hasil bumi berlimpah ruah ! Menurut Dahlan sekali lagi ideology China adalah ideology kemakmuran, tak tampak lagi komunisnya!  Kita kaum agamis dituntut juga untuk mewujudkan kemakmuran dunia dan akhirat, tidak sebatas kata-kata saja. Apapun agamamu, wajib hukumnya membangun negeri ini menjadi Negara Makmur dan Sejahtera. Amerika boleh marah dengan HAMnya China yang dianggap melanggar tapi kalau tidak begitu, Negara ini akan terpecah seperti Uni Soviet dan Pemerintah China kalau tidak keras dan  menyerah begitu saja pada pejuang HAM , maka hancurlah negeri ini.

Selama dipegang MAO ZEDONG, China tertutup dari dunia luar, rakyat miskin, sandang pangan susah! Barulah setelah DENG XIAOPING,  China membuka diri dan mengalami kemajuan pesat luar biasa. 5 tahun teralhir, China sudah dihubungkan jalan panjang TOL yang menghubungkan Nanjing dan berbagai kota di Cina ke Beijing. Tol terpanjang di dunia ini dapat dilewati  2-3 kendaraan besar. Sebentar lagi, akhir tahun China akan dihubungkan dengan jalur kereta api tercepat di dunia 350 Km per Jam.  Bila ini terealisasi maka jarak tempuh Shanghai – Beijing via bus 8 jam hanya 3 jam KA, sedangkan pesawat 2 jam. Luar biasa!!!

Sepanjang jalan tol yang dilalui baik di sisi kiri maupun kanan  dan tengah tampak  taman dengan bunga warna warni menarik. Rambu jalan terpampang dengan besar dan jelas di setiap kmnya.

Kita makan malam di restoran sekitar hotel dan diteruskan menginap di TIAN DU INTERNATIONAL HOTEL. Lokasi Hotel berada di Kota TUNXI,HUANGSHAN. Hotel bintang empat ini sangat modern, walau berada di kota kecil dan sepi ini. Kami istirahat semalam, agar besok pagi bias dilanjutkan perjalanan melihat pemandangan indah dan spektakuler di pegunungan Huangshan.

HARI KETIGA

HUANGSHAN

Kata orang, belum lengkap ke China kalau belum lihat pemandangan di gunung ini. China telah memoderenasi pegunungan ini sedemikian rupa sehingga untuk menuju ke pegunungan ini tidak bias langsung by bus. Kita harus berhenti di suatu tempat jauh di kaki pegungan, lalu dengan trem seperti di TMII, kita melalui kabel panjang untuk bias mencapai Hotel tempat kita menginap di kaki gunung. Ada beberapa hotel sekitar 4 tersedia di bwah kaki gunung. Ke Hotel ini pun, kita hanya membawa tas seperlunya untuk menginap semalam. Kalau bawaan banyak dan besar dan tak kuat, tersedia porter yang mengangkat tas bawaan kita dengan membayar sekitar 10-30 RMB tergantung besar kecil tas yang dibawa. Setelah sampai di Hotel kita tidak terus chek in tapi naik ke pegungan Huangshan dulu. Nanti sorenya baru check in. pemandangan di pegungan Huangshan tidak selalu bagus atau cerah.  Udara di pegungan sangat dingin (man lengde) dan sering turun hujan  dan salju ( xiayule he xiaxuele). Kalau turun hujan atau salju jangan lupa bawa paying (yusan) atau jas hujan ( yuyi). Bisa di hitung dengan jari agar diperoleh pemandangan yang cerah atau cuaca bagus sekali ( tianqi hao jile), tidak berkabut, tidak hujan, dan tetap bersalju. Untuk jaga2, kami telah menyiapkan seperangkat alat daki, mulai dari baju hujan tipis, sepatu olahraga plus pengikat besi di alas sepatu ( beli sekitar 20 RPM) untuk hindari sliding dan tongkat serta tutup kepala. Untung sekali hari itu udara sangat bersahabat dengan kita, sehingga kami bisa menyaksikan pemandangan yang menanjubkan dari atas pegunungan yang pohonnya diselimuti salju. WONDERFULL  SCENARY. Soalnya saat ini mau musim semi ( Chuntian) stelah musim gugur ( qiutian). Pada saat dongtian (musim dingin) , suhu dipegunungan bias minus tujuh- 14.

Cina saat musim dingin, dingin sekali dan pada saat musim panas , panas sekali dan bias sampai 40 derajat celcius. Cuma musim panas tak terlalu lama sekitar 1 bulan saja. Dan tanpa ada angin.

Di atas pegungan kita menjumpai berbagai turis asing dari mancanegara dan juga turis local dari propinsi lain di China. Semuanya tertib dan teratur.

Makan siang dan check in di Hotel BEI HAI , telp 86 599 5582555, salah satu hotel lama di pegunungan tersebut. Hotel-hotel ini tidak terlalu besar karena terbatasnya lahan yang tersedia. Semua kebutuhan hotel dilakukan dengan transport orang, artinya transportasi dilakukan dengan tenaga manusia dari bawah maupun turun pegunungan! Kitapun kalau tak kuat bias diangkut dari bawah hotel naik ke atas puncak, pp 150 RMB dengan cara ditandu! Tenaga manusia di sini mahal! Untuk Message biasa saja  ( Refleksi kaki)  sekitar 150 RMB ( bias ditawar jadi 130 ) belum tipnya minimal 30 RMB !

Udara di kamar Hotel dingin sekali, suhu bias sampai minus derajat, oleh sebab itu ruang dan tempat tidur dilengkapi pemanas, sehingga sangat membantu tidur kami dengan nyenyak , apalagi perjalanan naik-turun gung yang sangat melelahkan seharian.

HARI KEEMPAT

HUANGSHAN – HUANGZHOU

Local Guide Linda says :

Kawin di Suzhou, makan di Guangzhou, mati di Liuzhou

Menurut saya wanita di Hangzhou lah yang cantik ( mei li) , lakinya ganteng karena tempat berkumpulnya pusat budaya atau kesenian. Memang Suzhou produksi sutra terkenal di dunia dan merupakan starting-point jalan sutra di China saat itu dan para wanitanya menggunakan pakaian berbahan sutra! Memang Liuzhou terkenal sebagai penghasil peti mati terbaik di dunia, karena peti mati tersebut terbuat dari kayu sha ( sha mu) yang tidak ada duanya di dunia, mirip kayu ulin di Kalimantan dan beratnya katanya lebih ringan dari aluminium.

 Pagi hari, sarapan seperti biasa dengan 2 meja @ 10 orang , menu kurang lebih sama,  terdiri nasi putih, sambal, telur, sayur-sayuran bias kubis, kacang panjang, kacang polongan lain, daging ayam atau sapi, air mineral dan bir (pijiu) , birnya bias diganti 2 botol aqua. Buah-buahannya semangka atau melon, tidak pernah pisang kecuali beli sendiri.

Perjalanan pulang, turun gunung, naik trem,  lalu dengan bus yang sama waktu berangkat kembali ke hotel TIAN DU untuk mengambil titipan koper, dan makan siang di sekitar hotel dan perjalanan diteruskan sorenya ke kota HANGZHOU yang terkenal dengan wanita cantiknya!

HANGZHOU juga dikenal sebagai  PARISNYA CHINA !

BAnyak yang menyarankan jangan ke Hangzhou pada hari libur panjang ! Bukan hanya Hangzhou tapi juga tempat wisata lain, kenapa ? Hindari hari libur panjang di China yang setiap tahun berlangsung 3 kali, yaitu hari buruh (awal Mei) yang berlangsung satu minggu, Hari Kemerdekaan (1-7 Oktober) dan Tahun Baru Imlek. Pada hari semacam ini, angkutan di Tiongkok kayak angkutan lebaran diIndonesia! Lihat National Geography !

Dua jam perjalanan dari Huangshan tibalah kami di Hangzhou sore hari.  Sebelum menonton kami makan malam di suatu Restoran China dengan suguhan CHICKEN BEGGAR ( Ayam Pengemis)  suatu cita rasa ayam panggang khas Hangzhou. Lalu acara malam ini diisi dengan dengan menonton  THE ROMANCE OF THE SONG DYNASTY  suatu pertunjukan kolosal tentang Ular Putih ( White Snake) yang pernah dipentaskan di televise di Indonesia.

Kapasitasnya gedung mampu mmemuat ribuan orang, membuat mata terpukau berbagai atraksi tradisional yang udah dipadukan dengan sound effect modern sehingga Nampak nyata dan berkesan! Harga tiket masuk 200 RMB per orang. Rugi rasanya kalau tidak melihat acara spektakuler  berdurasi 1 jam ini , berbagai gadis cantik dan seksi dan menawan silih berganti menari dan beraksi di atas panggung ! Acara ini sudah disaksikan lebih 2 juta orang sejak awal dibuaka.

Dari Gedung Kesenian,  kami langsung menuju Hotel BEST WESTERN RICHFUL GREEN  bintang empat yang  berlokasi di Laozheda Heng Road.

HARI KELIMA

HANGZHOU – SUZHOU

Tiap tahun di Tiongkok ada lelang teh terbaik ( Biasanya Bulan April) . Teh terbaik di China adalah buatan Danau Barat ini. 100 Gram teh lognjing ini bias laku 150 juta rupiah, berarti tiap gramnya 1,5 juta rupiah. Melebihi harga emas. Teh Longjin terbaik hanya dipetik antara bulan April-Mei saja. Warga Hangzhou sangat tea-minded!

Pagi hari kami mampir di pabrik teh ( longjin tea) dan sempat memborong th hjenis kaisar dengan harga 1200 RMB, teh hijau ini sangat spesifik dan berkhasiat anti oksidan. Bagus untuk kesehatan.

Kami mampir juga ke YUE FEI TEMPLE dan berfoto sebentar. Ada cerita tersendiri tentang YuFei ini.

WEST LAKE : Danau barat  buatan ini sangat luas dan rasanya danau Toba masih lebih indah, sempat dikelilingi dengan motor boat. Setelah itu acara diteruskan dengan melihat LEI FENG PAGODA, suatu pagoda kuno yang sudah runtuh dan diatasnya di bangun lagi pagoda modern dengan escalator  untuk naiknya. Baru jadi sekitar 5 tahun lalu. Lokasi dengan West Lake.

Pagoda Lei Feng sangat terkenal di dunia, termasuk di Indonesia karena inilah pagoda yang diceritakan dalam film legenda ULAR PUTIH. Pagoda ini dibangun 975 Masehi, namun pada dinasti Ming (1500 an) dibakar massa, hangus, tetapi tetap berdiri di atas tempatnya lebih dari 400 tahun. Akhirnya pada tahun 1927 pagoda ini roboh dan selama 70 tahun orang tidak melihatnya. Bersamaan ekonomi China yang bangkit, Pagoda ini dibanguin lagi dengan bentuk dan ukuran sama dengan aslinya. Letak pagoda ini persis di belakang Vila nomor 1-nya Mao Zedong, hanya dibatasi pagar tembok.

SORENYA DITERUSKAN ke Suzhou, mampir ke LIU GARDEN, dengan pemandu local bernama Susanti.

Local guide ini bahasa Indonesianya masih kalah ama Linda, untungnya orangnya putih, tinggi dan tidak terlalu cantik tapi cukup energik di dalam penyampaiannya.

Hari sudah sore, sekitar jam 5 sore, kami mampir sebentar, putar-putar dan berfoto sebentar. Tamn ini dikelilingi tembok tinggi, agar para anak gadis tidak bias keluar bebas, sebaliknya anak laki sulit masuk. Di kota ini kami menginap di HOTEL NAN YA SUZHOU

HARI KEENAM

SUZHOU – ZHOUZHANG

ZHOUZHANG – SHANGHAI

Pagi hari setelah sarapan, kami mampir di Pabrik Sutra terbaik di China, kami melihat pemintalan sutra dari ulat sutra yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan kualitas sutra yang baik. Tersedia sarung bantal, bed cover sampai baju terbuat sutra.

Perjalanan diteruskan ke WATER VILLAGE – ZHOUZHANG yang dikenal dengan  KOTA VENESIAnya China.

Water Village ini sudah berusia ribuan tahun, merupakan urat nadi perekonomian samapai saat ini, dilengkapi 2 jembatan kembar  ( TWIN BRIDGE)

Perjalanan dari Zhouzhang ke Shanghai hanya ditempuh kurang dari 2 jam.  ( Jarak 200 Km) !Seperti halnya kota besar lain misalnya Jakarta, di Hari Minggu, justru kendaraan masuk kota antri berdesakan. Ruas pintu tol masuk dipadati sampai 5 kendaraan. Di pisah antara jalur kendaraan besar  di sebelah kanan dan dan kendaraan kecil di sebelah kiri dan tengah. Memasuki kota Shanghai yang merupakan kota bisnis terbesar di dunia dengan penduduk berkisar 37 juta orang, kiri kanan jalan dipadati gedung pengcakar langit dan apartemen-apartemen baru. Tak tampak lagi bangunan kecil dan kumuh.  Seperti halnya di kota-kota besar lain di China, selalu kota dibagi dua, kota lama dan kota baru. Kota baru Shanghai disebut Pudong. Sedangkan pusat kota lama Shanghai sudah diremajakan seperti halnya perempatan jalan sekitar Nanjing Lu yang terkenal. Di pusat kota ini tampak berbagai suku bangsa bercambur baur, berjalan dan duduk.

Bicara mengenai mobil di China, hamper semua merek mobil terkenal di dunia berseliweran di semua kota di China, tidak ada yang dominasi, misalnya di Indonesia Kijang Inova atau car-city missal Honda Jazz.  Berbagai merek terkenal menghiasi misalnya BMW, Honda, Toyota, Hyundai.  Malah beberapa mobil mewah Rools- Royce atau Ferrari banyak lalu-lalang ! Pusat Ferrari ada di Shanghai. Justru Mercy tidak begitu banyak, kenapa? Katanya suku kata si dibelakang tidak disukai karena mirip homofon bunyi si yang berarti mati ! makanya banyak gedung tinggi, nomor kamar hotel maupun nomor ranjang pasien milik warga China tidak memiliki angka 4 (si) atau  14 (shisi)

ANGKA

YA. Bicara angka, orang China sangat fanatic dengan angka seperti yang sbutkan di atas.

Mengapa orang China suka angka 8 , 9 atau 6?  Angka 8 (ba) mempunyai homofon dengan”fa“yang berarti “menjadi makmur/kaya”. Itu sebabnya pembukaan Olympiade China dilakukan pada tanggal 8-8-2008 pada jam 8:08 malam !

Demikian juga dengan angka 9, adalah dianggapangka yang paling tinggi dan mempunyai homofon “jiu”

Yang berarti “changjiu” yang berarti abadi. Sehingga kenapa jumlah kamar dalam Istana Terlaran (Forbidden City) berjumlah 9999 kamar!

Kenapa angka 6 (liu) ? karena angka 6 berarti  “liu liu da shun “ yang berarti semuanya lancar !

Shanghaipun telah membangun pelabuhan  besar di tengah laut dan dihubungkan jembatan laying sepanjang 38 Km. Menajubkan ! Shanghai ingin menggantikan posisi pelabuhan Singapura di dunia

Tahun ini sedang diselesaikan proyek KA tercepat di dunia 400 km/jam dari pusat kota Shanghai ke lapangan terbang baru Putong (Terminal 2)

Rangkaian tol Ningbo-Hangzhou-Suzhou-Shanghai di tambah rangkaian tol kota Macau-Zuhai-Kowloon-Hongkong (tambah Guangzhou-Senzhen) membuat pantai timur Tiongkok enak dikunjungi dan menarik.

Malamnya kami menginap di HOTEL HOLIDAY INN EXPRESS WUJIAOCHANG, 1729 Huang Xing Road SHANG HAI , telp (86-21) 6095 1818

HARI KETUJUH

SHANGHAI – BEIJING

Pagi hari sebelum ke Beijing naik pesawat nanti malam, kami mampir ke pusat kota Shanghai lagi. Untuk mengambil beberapa gambar dengan latar belakang yang berbeda.

Kami mampir di suatu tempat Plasa yang menjual elektronika murah. Beberapa temen membeli Ipod aspal dengan harga 300-350 RMB , tapi tak dijamin apa di Indonesia bias diaktifkan.

Shanghai memiliki jalan tol terbanyak di China dan mungkin di dunia. Berbagai kota di China sudah terhubung tol. Dulu orang dari Ningbo mau ke Shanghai harus melewati Hangzhou atau sebaliknya sekarang sudah terhubung jalan tol.

Beberapa tempat menarik yang bias dikunjungi di Shanghai adalah :

  1. Jalan Nanjing (Pusat Belanja, seperti Orchid Road,Singapore)
  2. Jalan Huaihai (Pusat Barang Antik)
  3. Jalan Waitan Zhongshan
  4. Taman Fuxing
  5. Kuil Budha Giok
  6. Klenteng dan Pagoda Longhua
  7. Gedung Peringatan Luxun
  8. Kota tuaShanghai
  9. Lapangan Rakyat
  10. Teayter acrobat Shanghai
  11. Istana Pemuda Shanghai
  12. Gedung Pameran Shanghai
  13. Museum seni dan sejarah Shanghai
  14. Kediaman Sun Yatsen
  15. Makam Song  Qing Ling ( Istri Sun Yat Sen)
  16. Istanan Budaya Buruh
  17. Taman Xijiao
  18. Taman Giok (1577)

Setelah puas mengunjungi salah satu atau salah banyak dari tempat wisata tersebut di atas, tibalah saatnya kami harus berpisah dengan supir bis kita yang setia menemani sejak Nanjing sampai Shanghai, Sedikit komentar tentang supir bis di China, meeka hapal betul jalan dan tempat Hotel di seluruh tujuan yang kita datangi, tak pernah Tanya dan tanpa kernek atau asisten seorangpun ! Ada juga local guide kita Sdr Johan yang sudah menemani sejak Hangzhou. Dan juga Linda yang kebetulan ada juga di Shanghai mendapingi tamu.

Kami semua harus check in dan melalui pemeriksaan imigrasi yang ketat, karena pada hari yang sama terjadi bom bunuh diri di Stasiun Metro Moskow yang menewaskan puluhan orang. Semua barang tajam dan cendrung membahayakan jiwa dirazia, botol minuman, cairan di atas 120 cc, gunting, korek api gas.

Catatan penerbangan China cukup baik untuk 15 tahun terakhir ini. Artinya China termasuk 4 negara yang teraman dalam penerbangannya! Sebelumnya pernah berada diurutan papan bawah!

Kami menggunakan pesawat local China Eastern Airlines , sejenis Boeing , Boarding jam 7, berangkat jam 9, sampai di Beijing jam 12.30. Tidak ada pemeriksaan imigrasi lagi di Beijing, ambil bagasi lalngsung keluar, sudah ditunggu local guide sdr Budi.

Udara malam dan dingin disertai hujan rintik menemani kami sepanjang perjalanan dari Bandara (Terminal 2) ke Hotel  Holiday Inn LIDO , BEIJING. Hotel ini berlokasi di JIANGTAI ROADCHAOYANG DISTRICT NO 6 BEIJING, TELP  86(10) 64376688. Sebuah hotel dengan arsitek lama dan kamar sangat banyak.  Agak seram, sepi dan jarak dari lobby ke kamar relatip jauh. Tapi cukup dekat ke Bandara.

HARI KEDELAPAN DAN KESEMBILAN

BEIJING

BEIJING disebut pusat kota Budaya dan bersejarah. Banyak tempat bersejarah yang dapat dikunjungi seperti :

  1. TIAN MEN SQUARE (TIANANMEN GUANGCHANG)
  2. FORBIDDEN CITY (ZIJINCHENG)
  3. TEMPLE OF HEAVEN
  4. ACROBATIC SHOW
  5. GREAT WALL (CHANGCHENG)
  6. SUMMER PALACE
  7. NATIONAL STADIUM
  8. AQUATIC CUBE
  9. KEBUN BINATANG BEIJING ( BEIJING DONGWUYUAN)
  10. BALAI SIDANG RAKYAT
  11. TAMAN BUNGA KERATON
  12. BALAI PERINGATAN MAOZEDONG
  13. JEMBATAN MARCOPOLO
  14. MUSEUM SEJARAH CINA
  15. MUSEUM REVOLUSI CHINA
  16. PERPUSTAKAAN CHINA
  17. ISTANA BUDAYA BANGSA
  18. PASAR XIDANG
  19. TAMAN SUN YATSEN
  20. MAKAM MING

PUSAT BELANJA DI BEIJING

  1. JIANGGUOMENWAI ( BANYAK BARANG SUTRA)
  2. LIULICHANG ( BANYAK BARANG ANTIK)
  3. QIANMEN (BANYAK KARPET)
  4. WANGFUJING ( BARANG CETAKAN)
  5. XIDAN (BARANG ELEKTRONIK)

 

HARI KESEPULUH

BEIJING – SINGAPORE ( SQ 803)

SINGAPORE – JAKARTA ( SQ 962)

TENTANG BEIJING AIRPORT (TERMINAL 3) /BANDARA INTERNASIONAL

Terminal ini relatip baru dan modern, beda dengan terminal 2 yang tampak kumuh dan penerangan kurang. Bagi orang asing pertama kali injak di Bandara ini tidak maslah sepanjang mampu berbahasa Inggiris atau Mandarin.  Petunjuk sangat jelas, mulai dari pintu masuk utama (Main Gate),  di dalam pintu gerbang ada CHEK IN AREA DIAGRAM  berisi  direction international flights  termasuk Singapore Airlines. Untuk SQ boarding pada desk E. setelah boarding, kita menuju arah subway untuk ke terminal 3, naik kereta cepat, turun lalu cari gate penerbangan SQ, kebetulan Gatenya adalah 30. Cara yang sama di Cangi, pesawat landing lalu ke transit menggunakan subway ke Terminal untuk transit ke Jakarta atau Surabaya.

Bagi mereka ingin mencari restaurant  Muslim, tersedia sebuah restoran khusus muslim di Bandara. Jumlah penduduk moeslem di China tidak sampai 100 juta (terbanyak suku Hui).

Yang suka KFC, tersedia chicken fried dengan harga berkisar 20-30 RMB, tidak tersedia nasi, sambel dan saos, Anda tinggal pesan rasa pedis atau tidak. Relatip harga di Airport lebih murah daripada di Hotel atau Restauran.  Mereka yang suka rokok, tersedia harga rokok dari 10-20 RMB. Hanya mereka di atas usia 18 tahun yang boleh membeli rokok.

KESIMPULAN

Cina memiliki 5 koran terkemuka, yaitu Harian Rakyat  ( Renmin ribao), Harian Beijing ( Beijing ribao), Harian Shanghai ( Shanghai ribao), Harian Cina (Zhongguo ribao)  dan Koran Pagi Cina Selatan (nanhua zaobao). Tapi semua Koran ini milik partai atau pemerintah , tidak ada swasta. Kalau diperhatikan seksama jarang sekali iklan pariwisata yang menawarkan Indonesia! Umumnya Singapore, Thailand, Malaysia, Amerika dan Eropa) , padahal jumlah wisatawan Cina yang berduit luar biasa!

Umumnya Hotel di China tidak memiliki tempat Karaoke dan live music jadi satu dengan hotel. Bagi yang mau hiburan, gunakan Taxi dan menuju Karaoke dan Café di tengah kota.

Sering dalam perjalanan dengan bus, saat mampir buang air di toilet sepanjang jalan tol tidak tersedia kertas tissue, harap Anda yang tidak terbiasa tidak menggunakan “gayung” atau “ciduk” atau “timba” bawalah tissue!

Pada saat menginap di hotel juga demikian, sering tidak tersedia tissue, jangan gunakan gelas di kamar mandi! Sering digunakan untuk pengganti timba bagi orang yang tidak terbiasa menggunakan timba!

FOOT NOTE

BAGASI CUMA2 1 POTONG PER ORANG DAN TIDAK LEBIH 20 KG

UKURAN MAKSIMUN HAND CARRY : 55 XX 36 X20 CM DAN TIDAK LEBIH 7 KG

SIMPAN DI BAGASI : PISAU, GUNTING KUKU , JARUM , BATERAI, SHAVER, SIKAT GIGI ELEKTRONIK,

JANGAN LUPA  jaket ( shangyi) , ATAU SEJENISNYA, JANGAN JAKET KULIT KARENA LEBIH DINGIN,GUNANYA  ANTIPASI PERUBAHAN CUACA

BAWA GSM TERDAFTAR (PASCA BAYAR)

Mei 25, 2010 - Posted by | Uncategorized

1 Komentar »

  1. wah hebat banget pak Husin ,disana praktek bahasa mandarin juga ya pak … hasil dari kursus mulai th 2008 itu waktu di OT & Kos , sukses buat Bpk

    Komentar oleh ari | Juni 2, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: