Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

BALAI MATERIA MEDIKA BATU DILENGKAPI EKSTRAKTOR CANGGIH

Surabaya, 26 Januari 2009

Balai Materia Medika Batu di Jawa Timur, merupakan UPT Dinas Kesehatan Jawa Timur dan milik Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Timur merupakan salah satu Balai milik pemerintah daerah yang mengembangkan, mempertahankan dan melestarikan tanaman berkhasiat obat seperti temulawak, jahe, pohon jati Belanda, kunir putih, mengkudu .Inventarisir tanaman saat ini sudah mencapai 300 tanaman obat.

Balai Materia Medika (BMM) Batu sejak awal tahun 2009 dipimpin oleh Drs.Husin RM,Apt,M.Kes, seorang apoteker kelahiran Makassar yang menyelesaikan apotekernya di Fakultas Farmasi UGM 1987 dan Pscasarjananya di FKM UNAIR pada tahun 2000.

BMM ini didirikan tahun 1960 oleh Alamarhum Bapak R.M Santoso dan merupakan milik swasta. Barulah pada tahun 1970 diserahkan ke Pemerintah Daerah Jawa Timur dan dibina langsung Direktorat Farmasi Jawa Timur.

Tugas pokok BMM adalah melakukan penyuluhan dan pengelolaan tanaman berkhasiat obat khususnya tanaman obat yang hidup di daerah beriklim sedang dan kering. Kebalikan dengan tanaman obat di Balai Peneliti Tumbuhan Obat (BPTO) Tawang Mangu Jawa Tengah milik Depkes RI cocok untuk daerah iklim sedang sampai basah.

BMM juga menyediakan lahan PKL, penelitian bagi mahasiswa/siswa yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang tanaman obat mulai dari budi daya, pembuatan simplisia sampai ekstrak kental. Di samping itu tersedia juga berbagai jenis bibit tanaman obat berbentuk herbal. Simplisia kering dan ekstrak kental (dalam proses).

Untuk menunjang pembuatan ekstrak tersebut, BMM sejak 3 tahun lalu telah dilengkapi alat canggih ekstraktor dari Cina yang disebut Vacuum single-action outsid loop extraction and Concentration Machine buatan Hengyang Medical Equipment Plant,Hunan Province,China. Dengan kapasitas 60 kg/ batch

Instalasi Ekstraktor dan Destilator Bahan Baku Jamu BMM

Instalasi Ekstraktor dan Destilator Bahan Baku Jamu BMM

Mesin Ekstrak yang dilengkapi destilator ini sangat populer dipergunakan di Cina untuk menghasilkan bahan baku ekstrak tradisional Cina. Mesin ini mampu melakukan proses penuh secara kontinu dan berlanjut. Ekstraksi yang dinamis membuat alat ini mampu menghasilkan bahan aktif dengan konsentrat tinggi. Sistem operasional mesin ini mulai dari awal sampai akhir menggunakan ”closed circuit” untuk menghindari kontaminasi atau kontak dengan udara sehingga memenuhi syarat GMP atau CPOTB.

Alat ini pas untuk usaha industri skala kecil, medium sampai yang besar. Air panas maupun air hangat yang dihasilkan dapat ditampung dan dialirkan kembali untuk direuse sebagai bahan baku boiler. Hasil dan penghematan energi dan waktu jauh lebih baik dibandingkan dengan proses statis (klasik). Untuk proses pemanasan, dilengkapi alat Vaporizer dan Condenser . Cairan dicompresi melalui sirkulasi dan proses kondensasi sehingga hasilnya maksimal dan tidak ada kerak tersisa di lapisan bawah tabungnya.. Mudah dibersihkan dari atas dan lubang palkanya menempel pada badan vaporizer

Bagan proses sbb:

Ekstraktor –>Skimming—>Condense—.>Cooler—-> liquid trap-—>Ekstrator

Alat ini juga dilengkapi alat penyari Volatile Oil (Volatile Oil Separator) berujung runcing untuk menyaring minyak atsiri. Alat ini juga dilengkapi 2 buah thermometer sehingga mampu memantau suhu cairan hanya berkisar 80 derajat Celcius. Minyak atsiri ini dilewatkan melalui skimmer-condenser A-coler A-Liquid Trap A.

Pelarut dapat menggunakan air dan alcohol (Ethanol). Alkohol dapat digunakan karena transfer pump maupun vacuum pump yang digunakan di sini berkualitas “explotion proff”! Sehingga tidak mudah meledak dan didesain tertutup.

Bila Anda memerlukan informasi lebih lanjut hubungi 08155115002 atau langsung ke kantor : Balai Materia Medika di Batu Malang, Jl Lahor No. 87 Batu telp/fax : 0341 593 396

Wassalam


Januari 26, 2009 - Posted by | Uncategorized

5 Komentar »

  1. Pak, saya tertarik dengan minyak atsiri (melati) yang dihasilkan dengan memakai mesin ekstraktor. Dimana saya bisa mendapatkan mesin ekstraktor di Indonesia. Adakah mesin ekstraktor seperti yang diatas dijual di Indonesia. (untuk skala kecil). Terima kasih informasinya.

    Komentar oleh Netty | Februari 26, 2009 | Balas

    • Dear Netty
      Utk skala lebih kecil dari punyanya Materia Medika tidak ada, itu impor dari China. untuk sederhana sekali ada sih sekitar 12 jutaan semcam perkolator saja
      Anda berminat?
      Wassalam
      Penulis

      Komentar oleh Husin Rayesh Mallaleng | Februari 27, 2009 | Balas

  2. dh. apa bisa ditampilkan perkolatornya pak atau dikirim ke email kami speknya agar kami bisa merencanakan kebutuhannya. juga mohon info sistim kerjanya.apa perkolator tersebut ada stoknya sekarang

    Komentar oleh muhammad natsir | November 17, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: