Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

PEMERINTAH SELALU LAMBAT BERTINDAK..BERTINDAK…BERTINDAK

Surabaya, 3 September 2008

Banyak kejadian khususnya dalam bidang kesehatan, pemerintah kita lambat mengantisipasi masalah-maslah kesehatan. mulai dari kasus flu burung, HIV- Aids, efek samping obat, jamu berisi BKO (Bahan Kimia Obat), kasus formalin, keracunan jajan anak sekolah  sampai kasus kontaminan melanin di dalam susu! Untuk kasus flu burung saya angkat topi akan keberanian Bu Menteri  bertindak! Baca Buku Beliau!

Baca hari ini, Jepan, Korea dan Australia menghentikan impor susu dari China!

Kita selalu ketinggalan kereta di dalam mengambil proses kebijakan. Bila negara lain ribut, baru kita ribut juga. Padahal PPOM kota sudah dilengkapi berbagai peralatan canggih seperti HPLC, NMR ,AAS . dikemanakan alat itu? Untuk proyek? komersial? atau gagah-gagahan? Katanya sudah berpredikat ISO Internasional dan diakui terbaik di Asia? Ada apa dengan supra sistem kesehatan kita? Harapannya kepala Badan POM diganti dari seorang apoteker manajerial menjadi seorang farmakolog seperti yang diangan-angankan Prof Iwan sudah terlaksana! Bravo buat Prof ! Tapi kalau sudah ada kejadian begini terus gimana prof ? Apa yang akan dilakukan seorang farmakolog? Bijakkah kepala Badan POM menarik atau menghentikan sementara produksi susu pabrik-pabrik yang belum jelas kandungan melaninnya? Berapa kerugian mereka?  Coba lihat hasil Public Warning POM baik obat tradisional dan kosmetik dari tahun ke tahun tidak ada perbaikan kualitas maupun kenaikan frekwensi pemeriksaan dan tindakan hukum bagi mereka yang melakukan pelanggaraan dalam bidang kefarmasian! Bukan bidang kefarmologian ! Coba lihat berapa banyak jamu cilacapan atau jamu banyuwangian yang memiliki ijin edar resmi yang ditarik BPOM ?  Kebanyakan adalah produk tak terdaftar atau baru didaftar yang diperiksa atau nomornya palsu! Buat apa buang duit memeriksa barang yang sudah jelas illegal?  Coba lihat ada suplemen makanan yang ijinnya SD dan ada yang TR, padahal bahan bakunya sama! Double standar? Kami lihat belum ada kinerja positip atau yang dapat dibanggakan dari seorang kepala Badan POM yang baru dan sebentar lagi mungkin akan diperpanjang lagi usia pensiunnya ! Cari dan tempatkanlah SDM2 muda dan potensial yang sebenarnya mau dan mampu menggantikan orang-orang yang sudah tidak profesianal dan tidak sehat tapi dibuat sehat dan mampu oleh golongannya atau sekutunya?! Ayo dong bu Menkes Yth. Siti Fadilah DrSPj seperti yang anda tulis dalam buku Anda bertindaklah rasional dan profesional untuk mengstrukturisasi kementerian Anda.

Jangan lagi nutup lahannya para farmasis dong. coba lihat Anda sadar dan tahu tidak? Litbang Farmasi DEPKES dibubarkan, Gudang Farmasi di Kab/kota dilikuidasi, permenkes 267/2008 anda juga mengebiri fungsi bidang kefarmasian hanya menjadi 2 seksi untuk tingkat propinsi tapi satu seksi di tingkat kab/kota dan oleh pejabat di daerah/propinsi usulan Anda(?) dan sudah diedarkan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dikebiri lagi menjadi hanya satu seksi yaitu seksi kefarmasian dan peralatan kesehatan! Mana Anda harap bidang kefarmasian yang meliputi obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen, NAPZA dan makanan minuman yang berkaitan ratusan juta masyarakat Indonesia bisa baik dan diandalkan? Berapa APBN yang didaerahkan untuk bidang kefarmasian di daerah? Banyak bupati/walikota melupakan kebutuhan obat bagi masyarakatnya! bila anggaran pendidikan bisa 20 % kapan anggaran kesehatan ditingkatkan 7-10 % ? Lihat Vietnam !

Bravo Buat Bu Meneteri agar dapat terpilih di kabinet akan datang! buat success story bagi negara Anda, INDONESIA

Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Bathin atas opini kami ini dengan maksud untuk menggugah semua pihak yang terkait untuk memajukan bangsa dan negara ini.

Waasalam

Husin RM

Oktober 5, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: