Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

Cari Kesamaan Pandang, Farmasi UNAIR Gelar Diskusi Panel

photophoto

photo

Farmasi, Kampus B. Mengamati arus kebijakan pemerintah di bidang kesehatan, diakui telah terjadi beberapa perubahan penting. Mulai dari UU Praktik Kedokteran hingga bidang Kefarmasian. Termasuk sertifikasi apoteker yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan.

Lain dari itu, pemberlakukan harmonisasi ASEAN untuk kosmetika per 1 Januari tahun depan, juga dianggap sebagai tantangan global yang harus segera disikapi bersama. Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, mencermati itu semua sebagai ulasan bersama yang dikemas dalam sebuah diskusi panel yang digelar Selasa (28/8) kemarin.

Selain dihadiri oleh kalangan Farmasi Unair sendiri, diskusi panel ini mengundang beberapa Perguruan Tinggi Farmasi di Indonesia, beberapa Dinas Kesehatan di Indonesia, organisasi profesi kesehatan di Jawa Timur, staf Rumah Sakit, masyarakat, hingga perwakilan dari aparatur pemerintah.

“Selain mengelola pendidikan farmasi, kami juga merasa ikut bertanggung jawab memikirkan ini. Tentunya agar masyarakat memperoleh informasi yang lebih baik dan akurat,” ujar Dekan Farmasi Unair, Prof. Dr. Achmad Syahrani, drs., MS.

Menurutnya, kebijakan juga akan membawa dampak bagi masyarakat. Untuk itu, Fakultas Farmasi berinisiatif menyumbangkan buah pikirannya, melalui terselenggaranya Diskusi Panel menyangkut Kebijakan Pemerintah di Bidang Kefarmasian. Lain dari itu, Fakultas Farmasi Unair bermaksud menjaring masukan dari para audience, pembicara dan panelis yang hadir. “Farmasi Unair juga bermaksud untuk menata ulang dan mengevaluasi kurikulum. Baik itu dari masyarakat ataupun pemerintah,” imbuh Prof. Syahrani.

Tampil sebagai pembicara kala itu, Dr. Faiq Bahfen, SH selaku Irjen Depkes; drs. Richard Panjaitan, Apt. selaku Dirjen Yanfar dan Alkes; Slamet R Yuwono, dr., DTMH., MARS, selaku Direktur RS Dr. Soetomo; drs. Fauzi Kasim, MS., Apt., selaku pengurus pusat ISFI; dan Dr. Esti Martiana Rachmie, selaku Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya.

Sementara sebagai panelis, panitia menghadirkan drs. Dwidjo Soesono, MM., Apt., Prof. Dr. Achmad Syahrani, MS., Apt., drs. Sjamsul Arifin, MM., Dr. Pranawa, dr., SpPD-KGH, Prof. Dr. Hotman Siahaan, dra. Erni Kolopaking, MPPM., Apt., drs. Husin RM, M. Kes., Apr., beserta drs. Abd. Rahem, M.Kes., Apt.

“Dari sini paling tidak kita bisa berharap Farmasi Unair mampu hasilkan lulusan yang berkualitas. Menjadi andalan Indonesia dalam tingkatkan daya saing bangsa,” demikian tandas Prof. Syahrani di depan para peserta yang memadati Aula lantai III Fakultas Farmasi Unair.

© 2008 WartaOnline Unair, DesignsByDarren.com, Some Rights Reserved.
Valid XHTML 1.0 Transitional

Agustus 11, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: