Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

Awas, 66 Obat Tradisional Asing Ilegal

JAWAPOS 11 JUNI 2008

SURABAYA – Masyarakat diharap lebih waspada ketika membeli obat tradisional. Dalam lima bulan (Januari-Mei) ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Jatim menemukan sedikitnya 66 obat tradisional asing ilegal yang beredar di Jatim. Dikatakan ilegal karena produk tersebut tak mencantumkan nomer registrasi.

”Jika tak ada nomor registrasinya, berarti produk tersebut masuk Indonesia tanpa melalui prosedur resmi,” kata Husin Rayesh Mallaleng Apt MKes, kepala Seksi Obat Tradisional dan Kosmetik Dinkes Jatim.

Husin menjelaskan, produk asing yang masuk Indonesia harus didaftarkan dulu ke Departemen Kesehatan (Depkes). Petugas Depkes akan meneliti kandungan isi obat tersebut. Tujuannya untuk mengetahui apakah obat itu berbahaya atau tidak bila dikonsumsi manusia. Juga apakah bahan isian obat sudah sesuai dengan yang tercetak di kemasan. ”Ketika produk dinyatakan aman, baru keluar nomor registrasi,” jelasnya. Nomor registrasi menunjukkan bahwa Depkes sudah menjamin keamanan produk tersebut. ”Jika tak ada nomor registasi, berarti tak ada jaminan dari pemerintah. Lalu, siapa yang bertanggung jawab bila terjadi apa-apa,” ungkap Husin. ”Ini sangat berbahaya bila masyarakat tak hati-hati,” tambahnya.

Dari 66 produk tradisional asing ilegal tersebut, kebanyakan obat yang banyak dicari masyarakat. Misalnya, obat ginjal, jamu kuat lelaki, serta flu tulang. ”Produk asing tersebut sengaja dijual di Jatim karena banyak diminati masyarakat,” papar Husin.

Apakah produk asing ilegal itu mengandung bahan kimia obat (BKO)? Husin mengatakan tidak. ”Murni obat tradisional. Kebanyakan keluaran negara Tiongkok,” katanya. BKO yang sering dicampur dengan obat tradisional adalah fenilbutason (mengatasi pegal linu), antalgin (penghilang rasa sakit), parasetamol (penurun panas), diazepam (obat penenang), dan sildenafil sitrat (untuk disfungsi ereksi). (ai/oni)

Agustus 11, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: