Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

PERLUKAH REKOMENDASI DIRJEN YANFAR DEPKES RI?

Surabaya, 21 Juli 2008

Saat ini banyak pengusaha baik obat, kosmetik dan peralatan kesehatan atau rumah sakit mengimpor peralatan industri maupun peralatan rumah sakit langsung dari negara asalnya misalnya eropa, australia atau singapore.

Barang tersebut sudah berada di DHL atau gudang sejenisnya artinya sudah melewati bea cukai setempat (bisa Surabaya, Medan, Jakarta atau Makassar). Masalahnya sekarang adalah yang bersangkutan akan mengeluarkan barang tersebut dari gudang setempat bukan Jakarta! Pihak pengirim hanya minta ada rekomendasi Dinkes Propinsi setempat! Tapi Dinkes setempat tidak mau atau tidak berani mengeluarkan rekomendasi tersebut karena alasan hal itu wewenang Depkes RI Pusat.

Permasalahannya apakah tidak cukup wewenang tsb didelegasikan ke Dinkes propinsi? Apakah perlu pengusaha lokal setempat harus ke Jakarta untuk mengurusnya? berapa lama? berapa cost yang harus dikeluarkan? berapa sewa gudang per hari?  Kalau produk tersebut untuk dijual atau diedarkan saya pribadi setuju karena per uu tentang hal tersebut ada dan diatur. Tapi kalau hanya untuk dipakai sendiri? dan alat tersebut untuk melayani segera masyarakat misalnya RS, rantai ini kan panjang sekali? ya kalau di jAKARTA, kalau di Jayapura, Aceh? Mohon petinggi DEPKES RI di Jakarta mencermati lagi kebijakan ini. Ini bertentangan dengan kebijakan Presiden/Wapres dalam mempermudah rantai birokrasi pelayanan kepada dunia usaha!

Kalau mau begitu, tempatkan petugas dong ke pelabuhan/bandara di seluruh Indonesia! SEGERA!

Toh kalau sudah melewati beacukai dan barang sudah di DHL atau sejenisnya kan cukup Dinkes Propinsi saja!

MOHON PERHATIAN BU MENTERI KESEHATAN!

Wassalam

Juli 21, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: