Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

MANAJEMEN IKOT (Industri Kecil Obat Tradisional)

Dinkes Prop Jatim punya gawe, kemarin tgl 27 Mei 2008 di Hotel Utami,Sidoarjo. Pertemuan yang dihadiri berbagai kalangan pengusaha/Apoteker IKOT berlangsung sukses. Berbagai pertanyaan dijawab dengan memuaskan. Ibu Kartini Msi dari Fakultas Farmasi Ubaya menjelaskan berbagai metoda ekstraksi simplisia dengan berbagai pelarut polar maupun non polar.

Bu Anny Apt dari jamu IBU juga memberikan materi manajemen IKOT. Menurut beliau aspek produksi IKOT sangat dipengaruhi faktor 4 M yaitu Man, Money,Machine dan Material.

Aliran proses produksi jamu secara umum melalui tahapan sbb: bahan material terseleksi dari petani binaan atau pengepul binaan disortasi terlebih dahulu. hasil sortasi tesb ditimbang/racik lalu melaui prosedur penggilingan sesuai ukuran partikel menggunakan ukuran mesh tertentu. Hasul penggilingan ini diproses lebih lanjut sampai produk setengah jadi. setelah melalui pemeriksaan QC, barulah produk tsb dikemas.

Problem utama produ IKOT adalah standarisasi simplisia (spesifikasi). oleh sebab itu diperlukan standarisasi bahan baku meliputi uji identifikasi sederhana, organoleptis,mikroskopis,reaksi kimia dan kadar air.

Disamping itu dijelaskan tentang panjang lebar mengenai aspek 4P marketing,baik produk,promosi,price dan promotion.

Mudah2an bekal ini dapat membantu para pengusaha IKOT golongan ekonomi lemah bangkit dari kesulitan berusaha dalam situasi iklim ekonomi yang serba sulit ini

wass.

Penulis

Mei 30, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: