Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

Berbagai Metode Ekstraksi Jamu

Dinkes Prop Jawa Timur mengundang pemilik/apoteker penanggung jawab IKOT se Jawa Timur untuk hadir di Hotel Utami besok Tgl 27 Mei dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang proses/ metode ekstraksi dari simplisia ->serbuk simplisia -> ekstrak cair->ekstrak kental ->ekstrak kering. Simplisia bisa berasal dari tanaman liar (wil plant) atau agrocultural. Dalam proses ekstraksi ini sangat dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu jenis tanaman, pelarut, metode ekstraksi dan jenis peralatan.

Dalam pertemuan ini, peserta dibekali teknik membuat ekstrak sederhana antara lain : membuat infus, maserasi, remaserasi, maserasi kinetik, digesti, ekstraksi vortex (Turbo), ekstraksi ultrasonik.

Di samping itu, pembicara dari Fakultas Farmasi UBAYA (cq. Kartini,Apt,Msi) ini akan menyinggung sedikit teknik metode ekstraksi sampai habis (Total Extraction Method) yaitu teknik perkolasi dan teknik Reperkolasi, teknik ekstrak berkesinambungan (continous extraction) yaitu kombinasi ekstrak dan penguapan , ekstaksi Counter Current ( lawan arus), ekstraksi dengan gas superkritik.

Dinkes Prop juga mengundang pembicara Dra Annik Apt dari PT.Jamu Ibu untuk memberikan materi Manajemen IKOT.  Materi ini penting agar para pengusaha/apoteker pj lebih memahami aspek manajemen IKOT.  Kita tahu sebagian besar IKOT di Jawa Timur belum tertangani secara profesional dan profitable. oleh sebab itu pembekalan dari aspek produksi, marketing sangat terkait untuk mendukung suksesnya manajemen IKOT.

Dari Dinas Kesehatan akan disampaikan pula Kebijakan KOSTRANAS (Obat Tradisional) 2007, hasil sampling BKO jamu 2007, Visualisasi Ekstraktor milik Materia Medika Batu yang merupakan UPT dari Dinkes Kesehatan Propinsi Jawa Timur yang dibeli dari China.

Juga disampaikan profil IKOT di Jawa Timur sejak 1998 sampai 2007.

Data IKOT per 27 Mei 2008 adalah sbb: 430.

Undangan : Terbatas, hanya anggota GP Jamu Jawa Timur dan terdaftar di Dinkes Prop. Jatim

Mei 26, 2008 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: