Husin Rayesh Mallaleng

Making a difference to the lives of people

LIKU-LIKU URUS IJIN REGISTRASI KOSMETIK DI BPOM JAKARTA

Jakarta,26 September 2008

Hari kamis tgl 25 September 2008, Penulis mencoba menelusuri proses ijin edar kosmetik dalam rangka Harmonisasi ASEAN 2008 dan obat tradisional di Badan POM. Penulis masuk di bangunan blok sebelah kanan dari pintu masuk,terus ke kanan dan naik ke lantai 2 tempat registrasi obat tradisonal dan kosmetik. Lantai satu dari blok yang sama tempat mengurus registrasi obat jadi dari perusahaan farmasi. Penulis langsung ke bagian TU Kosmetik. Di dalam ruangan yang sempit tampak penuh orang berdesakan mengurus pendaftaran produk kosmetik. Mereka adalah registered officer dari berbagai perusahaan kecil dan besar. Ruang yang penuh sesak tersebut ada sekitar 3 komputer meja terpasang di atas meja. Meja yang lainnya berisi note-book milik registered officer tesebut yang mereka bawa untuk entry Data produk mereka. Ternyata untuk note-book tersebut digunakan untuk entry data setelah mereka mendapatkan CD dari petugas BPOM. Syarat mendapatkan CD tersebut ada 2 tahapan.

Tahap I : Mereka harus mengisi data perusahaan sesuai check list BPOM yaitu yang disebut selembar formulir berjudul SISTEM REGISTRASI ELEKTRONIK SMARTY V.01 yaitu lembar data pengisian tentang :

1. Nama Perusahaan

2. Alamat (Kantor Pusat)

3. Kota asal

4. POM city

5. Negara

6. Telepon

7. Fax

8. SIUP

9. Person in charge

10. Alamat

11. Telepon

12. Fax

13. Jabatan

14. Nama Petugas Pendaftar (Register Officer)

15. Alamat

16. Telepon

17. Fax

18. Jabatan

19. Nama Manufaktur

20. Alamat

21. Kota

22. Telepon

23. Fax

24. Principle (Pabrik)

25. Alamat

26. Kota (Tempat Pabrik didirikan)

27. Nama Assembler (Peracik)

28. Alamat (Tempat assembling) dilakukan

29. Kota (Assembler)

Lembar data ini setelah didisi lalu dilampiri fotokopi SIUP, ijin Produksi dari Depkes RI dan di bawa ke Jakarta atau dikirim berkasnya via TIKI atau sejenisnya ke BPOM (Sub dit Penilaian Produk II) Jl Percetakan Negara 23 Jakarta. Dalam berkas tersebut ditambahkan sekeping CD R/WR kosong yang nantinya akan diisi program registrasi BPOM dan perangko secukupnya untuk dikirimkan kembali ke pendaftar sesuai alamatnya. Bila CD tersebut sudah dikirim, segera di instal ke komputer perusahaan dan diisi lalu di copy-paste dan dikirim kembali bersama bukti transfer BNI, misalnya Rp 500.000,- untuk per produk dengan bahan baku domestik. Ini mudah-mudahan tidak nyasar atau ketielisut atau hilang, maka penulis sarankan datang saja ke Jakarta terserah on foot atau by bus/train/plane lalu minta tanda terima kemudian pulang! Kalau ada saudara menginap dahulu, bila tidak booking hotel sekitar percetakan. (Itu bila persyaratan lengkap, bila tidak bisa berulang kali)

( Formulir pendaftaran Kosmetik bisa diperoleh ke penulis) dengan cara down load.

Tapi jangan lupa dilampirkan cukup 1 sampel produk yang sudah diuji oleh Laboratorium Terakreditasi (Kata petugas sih bisa BBPOM setempat atau yang lainnya atau mungkin harus Badan POM Jakarta! Kenapa begitu? Kan yang terakreditasi kan pusat bukan cabangnya di ibukota propinsi. Tetapi tidak tau lagi apakah bila pusat sudah terakreditasi berati otomatis daerah juga bisa? Walau sarana dan SDMnya beda? Monggo manut sing kuasa wae…he..he…repot ya?

Tapi jangan lupa bukan hanya uji bahan asingnya saja yang dilihat termasuk uji stabilitasnya lho! Maksudnya accelerated stability!

Untuk urusan registrasi tradisional kayaknya tidak serumit produk kosmetik dalam arti bukan notifikasi dengan entry data sendiri dan komputerisasi, Tolong cek sendiri ya?

About these ads

September 27, 2008 - Posted by | Uncategorized

3 Komentar »

  1. thank bro.. please visit back ya…

    Komentar oleh afif | November 10, 2011 | Balas

  2. Dear Hendry

    Silahkan baca artikel saya hari ini

    Komentar oleh Husin Rayesh Mallaleng | Januari 23, 2009 | Balas

  3. Dear Rara

    Silahkan baca lagi artikel saya hari ini

    Komentar oleh Husin Rayesh Mallaleng | Januari 23, 2009 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: